Kamis, 03 Februari 2011

RAHASIA TIDUR YANG BAIK

Lamanya tidur bagi kita orang dewasa adalah antara 6 s.d 8 jam/hari maka tidur adalah merupakan salah satu hal penting yang kita lakukan, maka sangat wajar jika kita perlu tahu bagaimana sih tidur yang baik ?? karena jika kualitas tidur kita baik maka tubuh akan merasa bugar saat bangun di pagi harinya namun jika tidur kita terganggu maka tubuh akan terasa berat/tidak segar.

Tetapi respon tubuh setiap orang berbeda2 tergantung kebiasaannya, karena ada yang tidur hanya dgn 6 jam sudah cukup, tetapi lain halnya dgn kebiasaan orang yang tidur 7-8 jam maka saat hanya tidur selama 6 jam, bawaannya ngantuk melulu, kepala pusing, dll.

ALAS TIDUR

Manusia normal yang berada di atas bumi pasti melakukan aktifitas ini, meskipun cuma 1 jam tiap hari. Jaman dahulu kala orang tidur memakai bantal kayu atau batu atau bahkan tidak memakai bantal. Sekarang aja enak, orang tidur pakai yang empuk-empuk.

Kebiasaan tidur dengan bantal kayu atau batu, menyebabkan orang-orang dahulu bisa bangun dengan segar bugar, karena tubuh mereka bisa beristirahat total saat tidur. berbeda dengan mereka yang tidur di atas kasur empuk, tubuh mereka tidak bisa istirahat dengan total, karena saling menekan dengan alas tidurnya.

Berarti lebih sehat menjadi orang biasa2 saja ya.. krn tidak tidur di kasur empuk yang ternyata belum tentu baik. Sederhana itu baik bagimu..

POSISI TIDUR

Posisi tidur yang benar adalah tubuh miring ke kanan dengan kaki bagian atas di tekuk, dan tangan kanan sebagai bantal. Tidur dengan posisi ini akan mengalirkan darah ke otak dengan sempurna, karena posisi kepala lebih rendah dari jantung.

Posisi tidur yang membuat bodoh adalah : terlentang, tengkurap, dan kaki mengangkang. Posisi ini diibaratkan sebagai cara tidurnya binatang, karena aliran darah tidak lancar, perut dan dada tertekan, juga aliran darah ke otak juga terhambat.

Posisi tidur yang dianjurkan diatas sesuai dgn tuntunan Rasulullah krn posisi jantung di atas dan ternyata semua yang dianjurkan / disyariatkan memiliki kebaikan untuk manusia. spt tidur dlm posisi terlengkup/tengkurap saudaranya syaitan, dll.



Saat tidur yang baik adalah jam 20.00 WIB - 01.00 Pagi. Selanjutnya 01.00-04.00 digunakan untuk belajar, pukul 04.00 - 06.00 untuk olahraga, dan seterusnya...

Saat tidur yang tidak baik adalah pukul 06.30 WIB setelah matahari terbit, pada tengah hari pukul 11.30 - 12.00 WIB dan pukul 17.30 WIB saat matahari tenggelam. Tidur pada saat tersebut akan mengakibatkan seseorang linglung dan separuh kesadarannya hilang, diakibatkan oleh keseimbangan alam yang pada waktu-waktu tersebut harus berada pada kondisi sadar.

CAHAYA LAMPU SAAT TIDUR

Tidur yang baik berada dalam keadaan atau ruang yang gelap, terhindar dari cahaya yang menyengat dan silau. Rangsang cahaya yang terlalu banyak, menyebabkan otak tidak optimal dalam melakukan defragmentasi data-data yang terekam sebelum tidur, hal ini akan berdampak kepada daya ingat pada jangka waktu yang lama.

Para ilmuwan menemukan bahwa tubuh perlu suasana gelap dalam menghasilkan zat kimia pelawan kanker. Bahkan ketika menyalakan lampu toilet, begadang, bepergian melintas zona waktu, lampu-lampu jalanan dapat menghentikan produksi zat melatonin.

Tubuh memerlukan zat kimia untuk mencegah kerusakan DNA dan ketiadaan zat melatonin tersebut akan menghentikan asam lemak menjadi tumor dan mencegah pertumbuhannya.

Prof. Russle Reiter dari Texas University yang memimpin penelitian tersebut mengatakan “Sekali Anda tidur dan tidak mematikan lampu selama 1 menit. Otak Anda segera mendeteksi bahwa lampu menyala seharian dan produksi zat melatonin menurun”.

Jumlah anak-anak pengidap leukimia naik menjadi dua kali lipat dalam kurun 40 tahun terakhir. Sekitar 500 anak muda dibawah 15 tahun didiagnosa menderita penyakit ini pertahun dan sekitar 100 orang meninggal.

Sebuah konferensi tentang anak penderita leukimia diadakan di London menyatakan bahwa orang menderita kanker akibat terlalu lama memakai lampu waktu tidur dimalam hari dibanding dengan yang tidak pernah memakai lampu waktu tidur.

Hal ini menekan produksi melatonin dimana normalnya terjadi antara jam 9 malam s/d jam 8 pagi. Penelitian terdahulu telah menunjukkan bahwa orang-orang yang paling mudah terserang adalah para pekerja shift yang memiliki resiko terkena kanker payudara.

Pada kenyataannya, Orang-orang buta tidak rentan terhadap melatonin memiliki resiko yang lebih rendah mengidap kanker. Maka disarankan utk menggunakan bola lampu yang suram berwarna merah atau kuning jika takut pada kegelapan.

Ternyata benar Rasullah mnganjurkan kita tidur setelah Isya.. berarti maksudnya ga' baik jika malam2 terlalu lama tidak tidur karena pastinya kita berinteraksi dengan lampu penerangan sedangkan kondisi tubuh kita inginnya yang gelap / remang2.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan tidur kita menjadi lebih berkualitas..^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar