Senin, 09 Mei 2011

Tanaman Sansiviera

Untuk mengurangi dampak pemanasan global kita banyak melakukan Penghijauan / penanaman pohon atau tanaman agar hawa panas yang ada di bumi ini bisa di tekan dari oksigen yg dihasilkan dari penghijauan tersebut.

Salah satu tanaman hias yang sangat bermanfaat adalah tanaman Sanseviera.
Sanseviera adalah tanaman yang oleh peneliti sering dinamakan dengan tanaman Perintis (Old century plant), yaitu tanaman purba yang mampu bertahan hidup saat tanaman dari famili lain tidak mampu bertahan hidup dilingkungan yang sangat tandus maupun terhadap perubahan suhu yang relatif ekstrim

Tanaman indah dan sedap dipandang mata ini habitat aslinya justru di daerah tropis kering (iklim gurun yang panas & pegunungan tandus), memiliki keunggulan yang jarang ditemukan pada tanaman lain.

Sansevieria memiliki ciri umum menyimpan air didalam seluruh bagian tubuhnya dalam jumlah banyak, memiliki rimpang, berdaun tebal, serta ujung daunnya runcing atau berduri..
Tumbuhan Sansivera atau lebih dikenal dengan nama Lidah Mertua ini tidak hanya menebar pesona karena keindahanya tapi juga memiliki daya tarik yang luar biasa karena manfaatnya.

Riset NASA selama 25 Tahun
Menurut hasil penelitian riset Badan Antariksa Amerika serikat ( NASA) selama 25 tahun, Sansivera mampu menyerap 107 jenis unsur yang berbahaya di udara serta mampu menyerap radiasi berbagai barang elektronik seperti komputer, televisi, telepon dan lainya. Dalam satu helai daun Sansiviera mampu menyerap formaldehid sebanyak, 0,938 Mg per jam.
Selain memiliki manfaat sebagai penyegar sansivera juga dapat digunakan sebagai obat, misalnya Sansivera jenis Trifasciata Lorenti. Jenis ini diketahui mampu mencegah diabetes dan ambein.

Fakta lain tentang Sansevieria
• Sanse mengeluarkan Oksigen dan mampu menyerap bau / polusi yang ada disekitarnya 24 jam terus menerus.
• Selain dimanfaatkan untuk tanaman Outdoor dilahan terbuka, juga dapat ditanam secara Indoor karena bisa bertahan cukup lama tanpa perlu terkena sinar matahari.
• Nama jenis Sansevieria lebih pasti karena pemberiannya berasal dari Penelitinya.
• Dilindungi Organisasi badan Internasional karena di habitatnya sendiri sanseiviera sudah terancam punah.
• Sampai saat ini tanaman hias yang diakui dunia / memiliki organisasi resmi yaitu Bonsai, Anggrek & Sansevieria (International Sansevieria Sociaty).
• Dapat mutasi bentuk dan warna.
• Kelangkaan beberapa jenis Sansevieria menjadi tantangan tersendiri bagi Para Hobiis untuk memburunya dan memilikinya sehingga masalah harga dinomor duakan.

Cocok untuk Indoor dan Outdoor
Sansevieria sekarang ini banyak ditemukan biasanya di pekarangan rumah, sebagai penghias arsitektur Landscape untuk outdoor, dan untuk indoor, Sansevieria cocok dan baik di tempatkan pada ruang tamu, kamar mandi, atau dapur. hal yang banyak disukai dari pecinta tanaman terhadap sansevieria ini adalah daya tahan hidup nya yang kuat sehingga bisa di taruh di tempat indoor maupun outdoor.

Manfaat yang bisa didapat dari tanaman ini adalah kemampuan Sansivera dalam menyerap dan mengolah polutan menjadi asam organik dan beberapa senyawa asam amino.
Sebagai tanaman anti polutan (airfreshener) maka sanseviera sangat cocok dipelihara / di tempatkan di :
Indoor :
Pabrik, Rumah sakit, kantor-kantor, hotel, sekolah, tempat tinggal atau tempat-tempat umum dimana saja, karena mampu menyerap asap rokok, polutan komputer, asap kompor dan menghilangkan bau tak sedap.
Untuk menghilangkan bau yang tak sedap / polutan dalam ruangan seluas 100 meter persegi cukup dengan 4-5 helai daun.

Outdoor:
Pekarangan rumah, halaman/ taman rumah sakit, kantor, sekolah, hotel, tempat umum lainnya, jalan raya. Karena dapat menyerap polutan-polutan berbahaya dan asap kendaraan bermotor, asap pabrik, atau partikel lainnya.

Sansevieria termasuk tanaman tropis yang sudah lama dikenal dan dibudidayakan di Indonesia. Biasanya sansevieria banyak ditanam sebagai pagar rumah, atau sebagai penyekat jalan. Jenis sanseviera yang banyak ditanam adalah Sanseviera trifasciata atau dikenal dengan nama “lidah mertua”. Sekarang ini, banyak ditemukan ratusan species sanseviera lain yang bentuk dan warna daunnya beragam…

1 komentar:

  1. Ini tanaman yang cocok ditaruh di labku, soalnya kalau pas manasi asam pakai furnis pasti tercium bau yg sangat mengganggu. terimakasih infonya mampir ke http://bogaska.blogspot.com/ yaaa

    BalasHapus