Kamis, 05 Januari 2012

PSPA=Program Shool Pengasuhan Anak

Guru adalah pengalaman yang berharga, walaupun hanya membaca dari Blog tetangga = Blog Mama Cerdas saya ingin menyebarluaskan Modul hasil mengikuti PSPA tersebut, Seperti yang tercantum dibawah ini ;
PSPA
Alhamdulillah tanggal 16-17 Oktober ini, saya bisa ikut PSPA (Program Sekolah Pengasuhan Anak). Setelah menunggu berbulan-bulan akhirnya ada lagi jadwal PSPA di Bandung. Tak saya lewatkan kesempatan ini, yang pertama saya lakukan adalah bilang ke suami dan booking jadwal suami. Buat apa? Buat gantian ngasuh anak . Alhamdulillah anak kami ini belum terbiasa di asuh oleh selain kami, karena memang sejak bayi kami hanya tinggal bertiga dan hanya sesekali saja berkunjung ke rumah kakek-nenek, serta sanak saudara. Baru kali ini, saya meninggalkan anak dengan waktu lumayan lama rada was-was juga, tapi saya yakin dan percaya semua akan baik-baik saja. Sebelumnya, saya bicarakan dengan anak saya “tih, besok mama mau ikut seminar, atih sama bibih yah….” Alhamdulillah ketika saya berangkat, tak ada tangisan, kerewelan, dan sebagainya dan saya pun tenang ikut PSPA. ^_*
Setelah ikut Program PSPA, saya serasa menjadi orangtua yang berbeda. Tak sedikitpun rasa kesal apalagi pengen marah sama anak, padahal anaknya sama, ‘rewelnya’ juga sama. Jadi aneh, kok kemaren-kemaren bawaannya keseeeeel aja, klo anak rewel apalagi klo rewelnya tanpa sebab. Sekarang mah… biasa aja tuh… Memang wajar anak rewel, memang wajar juga kita kesel… karena kita bukan malaikat dan anak kita juga bukan malaikat yang memang tercipta sebagai ahli ibadah yang langsung terampil melakukan semua kebaikan, anak-anak kita tengah belajar sedang berproses,bereksplorasi menjadi cahaya kehidupan. Dan….jika kita memahaminya, Insya Allah anak-anak kita akan menebar cahaya untuk kehidupan bahkan juga untuk kita, orangtuanya sekalipun kita tidak lagi hidup di dunia.
“Ya.. ya.. ya… itu sih saya sudah tahu… Tetap aja, klo udah kesel mah kesel, hi geregetan jadi pengen nyubit…” Itulah yang saya rasakan sebelum ikut PSPA mungkin ibu-ibu yang lain juga? Ini terjadi akibat “program yang diinstall di otak kita ” negatif”. saat kita punya anak, darimana kita mendapatkan informasi tentang bagaimana mereka membesarkan anak? darimana kita mengetahui cara mereka membesarkan anak? pilihannya besarnya ada 3: 1. kita menggunakan cara sebagaimana mereka diperlakukan oleh orangtua mereka saat mereka kecil dulu (warisan). 2. kita menggunakan cara coba-coba (try & error) 3. kita menggunakan cara baru melalui BELAJAR.
Saat kita tidak melakuan hal yang kedua dan yg ketiga maka sebagian besar orangtua tanpa sadar sebenanrya melakukan lebih banyak metode yang pertama: Yakni dari warisan. Akibatnya, banyak orangtua faham bahwa membentak anak itu tidak boleh, banyak orangtua faham bahwa mencubit anak itu harus dihindari. Tapi mengapa sebagian mereka masih melakukannya secara spontan saat anak melihat anak berbuat negatif? Sebab terbesar adalah karena mereka pernah DIPERLAKUKAN HAL YANG SAMA saat mereka kecil. Jadi, program itu sudah berpuluh tahun terinstall lama dalam otak orangtua dari kecil sehingga saat mereka mengalami kejadian yang sama mereka memanggil kembali dalam memorinya referensi tersebut. Insya Allah ini akan hilang jika orangtua terus menginsttal program baru ke dalam pikirannya melalui BELAJAR. Belajar bagaimana mencari cara mengungkapkan perasaan2 kita lebih positif tanpa harus menyakiti anak2 kita. Begitu kata Abah (Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari) trainer di PSPA. ^_*
Day 1
Modul I tentang Karunia Fitrah
Kita sudah sering dingatkan, bahwa semua anak lahir fitrah kita juga sudah sepakat bahwa anak adalah anugrah, anugrah terindah ^^ tapi seringkali, sadar atau tidak, mereka seolah menjadi beban buat kita bahkan kita sering merasa anak-anak tertalu banyak meminta disaat sebenarnya mereka sedang memberi. buktinya… disaat kita begiiitu lelah sepulang kerja, anak-anak dengan polos dan lucunya memberikan konser dadakan, dengan kata-kata yang tentu saja belum jelas dan cadel mereka bernyanyi ingin menghibur orangtua nya yang ‘kecapean’ sepulang kerja. Seketika hilaaaaang rasa cape itu… Bukankah anak selalu memberi? Memberi kebahagiaan…
Anak adalah anugrah… seharusnya bersama mereka adalah suatu kebahagiaan tapi mengapa banyak anak menjadi “yatim piatu” disaat ortunya masih lengkap berapa banyak anak enggan bercerita kepada orangtua, mereka justru memilih yang lain: teman, sahabat, pacar dan lain-lain. Kita ingin menjadi orangtua terbaik… tapi, sudahkah kita menyediakan waktu bersama anak hanya bersama anak saja. tidak bertiga dengan kompor, berempat dengan majalah, berlima dengan cucian, berenam dengan laptop. Mereka tak perlu 24 jam kita, mereka juga tak butuh itu 30 menit saja/hari, ini sungguh fantastis, hasilnyapun akan dahsyat
Sudahkah??? Andai saja kita mau meluangkan waktu sesaat untuk menatap mata mereka betapa mereka sangat menggemaskan beruntungnya kita dipercaya dititipi Allah karunia fitrah
Modul II : Karunia Belajar
Belajar… apa yang dimaksudkan dengan belajar adalah ini: * Mengulang pelajaran sekolah * Baca buku pelajaran * Duduk di meja belajar * dan lain-lain tujuan nya apa ya? Supaya pintar, menambah wawasan, dapat gelar…. Klo udah gitu trus ngapain? Adalagi, pintar itu yang bagaimana? Apakah anak yang tidak 10 besar di Kelas tidak pintar? Apa saja yang penting dipelajari anak? Bahasa Arab penting, matematika penting, Bahasa Inggris juga penting. Trus penting mana dengan disiplin, kejujuran, tanggungjawab dan sejenisnya? Nah lho… Penasaran? Bagus!!!
Memang penasaran inilah yang dibutuhkan anak-anak kita agar keranjingan belajar penasaran mereka sering kita salah artikan kita renggut dengan pelototan, atau pengalihan lalu kita omeli saat mereka enggan belajar Belajar itu menyenangkan, sebenarnya… tapi hari gini berapa banyak anak yang mengalami kesulitan belajar belajar membuat anak stress Kok bisa? Anak dituntut untuk tau sesuatu sebelum waktunya belajar bahkan kursus baca saat mereka masih sangat belia. Bisa cepat baca, tidak membuat anak jadi gemar membaca, padahal sebagai ortu sebenarnya yang kita inginkan anak suka membaca. Ehhmmm…
Tidak masalah anak bisa baca di usia sangat belia (anak saya bisa baca di usia 20 bulan), asalkan orangtua lebih mempersiapkan anak untuk suka membacanya bukan bisa membaca-nya. Bagaimana nantinya anak suka membaca (walaupun sudah bisa membaca) melihat orangtuanya memegang buku pun tak pernah? Dibacakan buku cerita tak pernah… jalan-jalan ke toko buku atau pameran buku saja tak pernah… dan dirumah pun tak ada buku karena tak pernah dibelikan. Belum lagi berapa banyak informasi yang sesungguhnya tidak perlu tapi mereka harus menghafalnya hanya demi sebuah nilai ujian, supaya lulus UN gitu lho.. Harus kita ingat… semua anak cerdas… Jangan pernah mengecilkan mereka hanya karena nilai 6 untuk satu pelajaran sekolah. Jangan sekali-kali menganggap mereka ‘sulit’ hanya karena sulit menghitung bahkan seorang Thomas Alva Edisaon tidak sucses di Sekolah formalnya ia berhasil menemukan ‘bola lampu’ bukan karena juara umum di Sekolah atau menang Olympiade Fisika
bukan… tapi karena ia punya Nancy Elliot sebagai ibu, sebagai orangtua Nancy bukan orang hebat yang tau segalanya tentang dunia, sebagai ortu Nancy hebat karena memberikan “wadah” bagi Thomas untuk terus bergairah belajar meski sudah dicap bodoh dan dikeluarkan dari Sekolah Sekali lagi belajar adalah proses dari tidak tau menjadi tau, yang sudah tau menjadi lebih tau, yang melibatkan fisik, pikiran dan emosi dan agar proses ini tidak terhenti buatlah belajar itu menyenangkan Kelola penasaran-penasaran anak mereka adalah anak-anak kita dengan semua keistimewaan yang ada bukan Thomas Alva, bukan siapa kitalah orangtua terbaik buat mereka
Modul III tentang Karunia Konsistensi Ada 2 prinsip keliru dalam mendidik anak; pertama, orangtua selalu menuruti segala kemauan anak, kedua; orangtua terlalu mengekang anak. Apakah kita termasuk mendidik anak dengan cara seperti itu? semoga saja tidak…. jadi harus bagaimana??? Ada kalanya kita harus menuturi keinginan anak, tapi tetap harus tegas kepada anak, jangan sampai kita diatur oleh anak. Sekali melarang, maka laksanakan larangan itu. Sekali tidak boleh, maka laksanakan statement itu. Orangtua harus bertanggung jawab terhadap apa yang telah dikatakan kepada anak. Anak kita memiliki memory yang sangat dahsyat, jauh melebihi kita para orangtua Itulah kenapa anak-anak kan selalu ingat dengan janji-janji yang pernah kita ucapkan sekalipun kita sudah melupakan janji tersebut maka jangan sembarangan ingkar janji Tegas pada anak sekali sudah disepakati, jangan diubah rengekan bahkan amukan, abaikan saja sekali tidak tetap tidak Ingat; TEGAS bukan keras tegas bukan teriak dengan kencang kita bisa tegas dengan tetap tersenyum
_______
Modul IV tentang Karunia Kiblat (+)
Fokus pada kebaikan mereka saja betapa banyak kelebihan mereka yang membuat kita bangga tapi kita sering lupa, suka kita tutupi dengan kejengkelan yang tak layak padahal enegi (+) akan membuat potensi baik mereka melejit begitupun dengan energi (-) bisa membuat anak kita terpuruk dalam kelemahan Masih ingatkah tentang hukum kekekalan energi yang kita perlajari saat sekolah dulu? “energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, tapi bisa berpindah dari satu bentuk ke bentuk yang lain” Hubungannya dengan bahasan ini??? Ketika kita mengeluarkan energi positif (+) pada anak, maka anak itu akan mengeluarkan energi positif pula, begitu pun sebaliknya.
Ketika kita memberikan kebaikan kepada anak, maka anak pun akan mengeluarkan kebaikan pula, tapi ketika kita memarahi anak (energi -), maka anak pun akan kembali mengeluarkan kemarahan tersebut. bingung ya? Pokoknya kita harus berbuat positif aja deh sama anak, biar anak juga berlaku positif… Bagaimana mengarahkan anak menuju kiblat (+)? lakukan TARIAN BERMANPAAT: Temukan hal (+) pada diri anak Akui perbuatan ++ Rayakan Perbuatan +++ Ingatkan perbuatan ++++ BERikan rencana +++ MANfaatkan imbalan dari pada hukuman PAku perbuatan + yang telah mereka lakukan ATur waktu untuk berbicara dan bercerita kisah-kisah + Berkiblat (+) bukan berarti mengabaikan perasaan (-), tapi mengatur energi agar lebih terarah pada hal (+)
Modul V tentang Karunia Mendengar
Dua telinga dengan satu mulut Allah arahkan agar kita lebih banyak mendengar daripada bicara Banyak orang bisa menjadi pendengar yang baik buat temannya temapat curhat favorit bagi rekan dan saudara tapi mengapa banyak orangtua justru gagal membuat Sang anak mau bercerita panjang lebar pada orangtua Why??? Apa salah anak bila tak betah berlama-lama ada didekat ortu boro-boro curhat, ntar aja la yau… Karena anak justru sering jadi tempat sasaran kemarahan, lampiasan kejengkelan para orangtua setiap moment bersama ada saja ceramah, kultum, nasihat, tausiyah dkk dari orangtua. lantas kapan giliran anak bicara? mana ruang tempat mereka curhat ke orangtua? salah siapa bila mereka lari keluar rumah hanya demi cari pendengar yang baik? Dan ini terjadi sejak anak kecil sampai mereka remaja sambung dewasa mana telinga kita untuk anak terlebih mendengar disini bukan hanya sekedar pasang telinga sekali lagi bukan…. tapi mendengar yang menghadirkan rasa yang melibatkan CINTA
Dengar…hai dengar… mendengar sebenarnya mudah tak butuh biaya, tak perlu sarana tambahan bisa dalam posisi apa saja, duduk, telentang, tengkurep atau posisi bebas lainnya tak perlu perangkat tata bahasa selayaknya bicara apalagi menulis tapi mengapa kita enggan sungguh dengan mendengar kita bisa tau masalah dan hanya dengan tau masalah kita bisa berkontribusi sesuai kebutuhannya Jadi tak ada alasan lagi, siaplah jadi pendengar belajar dan berjuang menjadi tempat curhat yang baik buat anak-anak kita SEKARANG !!! dan SELANJUTNYA !!!
Modul VI tentang Karunia Saffat
Q.S Ash-Shaffat : 102 “……..Ibrahim berkata: Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi aku menyembelihmu. Maka pikirkan bagaimana pendapatmu?…………” Selalu ajak anak untuk berkomunikasi, berdiskusi untu memutuskan hal yang berhubungan dengan anak. Seperti nabi Ibrahim, meminta pendapat anaknya Ismail untuk satu keputusan yang berhubungan dengannya. Anak dilibatkan !!! bantu anak untuk membuat kepustusan bagi dirinya sendiri, misalnya dengan mengajukan pertanyaan, tentunya pertanyaan yang diajukan harus: - membuat anak berfikir - mendorong gagasan yang lebih baik - mengarahkan anak akhirnya dapat membuat keputusan sendiri - menuju kiblat positif - membuat perasaannya didengar
Ketika keputusan itu berasal dari anak maka: * Seorang anak tidak dapat memerangi keputusan yang telah dibuatnya sendiri * Seorang anak senang menggapai sesuatu dengan inisiatifnya sendiri * Beri kesempatan anak untuk membuat keputusan bagi dirinya, maka ia akan memiliki inisiatif, semangat dan energi untuk melaksanakan apa yang diputuskannya. From: Mamacerdas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar