Kamis, 30 Januari 2014

Mengapa kita harus selalu Berdzikir pada Allah Swt. ??

Pagi tadi aku mendengar Ustad di Roja TV membahas tentang Dzikrullah, yang mensunahkan kita untuk selalu berdzikir kepada Allah Swt. karena seluruh mahluk di langit yang 7 dan dibumi bertasbih kepada Allah Swt. hanya saja kita tidak paham bagaimanan tasbih mereka. misalnya seperti gunung-gunung, awan, burung-burung, ikan-ikan, batu-batu, pepohonan / tumbuhan, benda-benda mati lainnya semua bertasbih memuji Allah.
Karena itu sudah sewajarnyalah jika kita sebagai seorang manusia yang diberi kelebihan akal juga selalu bertasbih memuji Allah sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih kiita, karena kita di beri nikmat dan iman Islam oleh Allah Swt. Rasanya malu jika kita kalah dengan makhluk Allah yang lain yang sama-sama hidup diatas bumi-Nya.
Sebagaimana yang kita tahu Sholat adalah amalan badan yang dapat dilihat oleh orang lain yang bisa saja jika hati kita kotor bisa saja menimbulkan sifat riya, namun dzikrullah adalah amalan hati, yang jika kita amalkan tidak ada orang lain yang tahu, hanya kita dan Allah saja, karenanya pahalanya sungguh besar untuk orang-orang yang berdzikir untuk mengingat Allah, diwaktu berbaring, duduk atau berdiri
.
Bagaimana cara berdzikir yang benar Rasulullah Muhammad Saw. telah mencontohkan dengan membaca dzikir pagi dan petang. Yang kita tahu isinya adalah ; surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas, permohonan do'a, sholawat nabi, istighfar, dan pujian kepada Allah Swt. namun sebagian besar isinya adalah do'a untuk kebaikan kita sendiri.
Jika isi dari dzikir pagi dan petang itu adalah kebaikan untuk kita, baik itu untuk kehidupan di dunia dan di akherat, mengapa tidak kita amalkan saja??, anggap saja itu adalah tabungan kita, yang jika Allah belum mengabulkannya untuk kita di dunia, insya Allah diakherat Allah akan mengabulkannya, yakinlah sobat.. Allah tidak akan mengecewakan hambanya yang berdo'a pada-Nya.
Dan misalkan kita belum sanggup baca setiap hari minimal kita mencoba membaca seminggu 4 kali dulu, dan waktunya disunahkan dibaca setelah sholat shubuh s/d waktu dhuha dan sore setelah ashar sampai setelah maghrib, dan jika kita sudah terbiasa membacanya lama-kelamaan kita akan hapal, karena sesuatu yang diulang setiap hari lama-lama pasti kita akan hapal, jika kita sudah hapal semua jadi lebih mudah. Akhirnya kita akan bisa membacanya setiap hari saat kita teringat, maka kita akan selalu dilindungi dan dijaga oleh Allah sepanjang hari
Dan jangan lupa amalkan juga satu do'a yang cukup bagus dan penting dan sebaiknya dibaca setelah sholat fardhu : Allahuma a' inni ala dzikrika wa syukrika wahusni ibadatika , artinya "Ya allah.. tolonglah aku untuk senantiasa dapat mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan memperbagus ibadahku kepada-Mu" amiiin.. Sehingga lambat laun Allah akan memudahkan kita untuk selalu mengingat-Nya dan akan bertambahlah ibadah-ibadah kita pada-Nya sedikit demi sedikit. Alhamdulillah saya sendiri merasakan perubahan setelah membaca do'a tersebut semakin lama dzikir dan do'a atau ibadah bertambah sedikit demi sedikit
Semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat.. ingatlah shobat, termasuk saya sendiri, marilah kita belajar menyibukan lisan kita dengan dzikrullah karena semua yang dilangit dan di Bumi berdzikir pada Allah.
Wallahu alam bi showab..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar