Rabu, 29 Januari 2014

Tanaman Hias Tingkatkan Kreatifitas Manusia

Sesuai sunahnya kita manusia memang tidak bisa jauh-jauh dari alam, justru manusia harus bersahabat dengan alam, karena dijaman sekarang yang serba canggih, tetap saja kita harus dekat dengan alam, maka akan sangat berarti jika kita sering membuat penghijauan / menanam pohon yang banyak, Sehingga harus di puji adanya program pemerintah menanam sejuta pohon oleh pak SBY Th. 2013 lalu. Semoga selalu ada kebijakan pemerintah untuk menghijaukan dan melindungi bumi kita.
Namun bagaimana jika kita berada di dalam rumah / kantor, kita tidak bisa dekat dengan alam sehingga rasanya kurang nyaman dan terasa kering bila tidak ada tanaman hiasnya, Karena itu sudah selayaknya kita menaruh tanaman pot di teras rumah, halaman atau dipekarangan rumah. Jika kita dikantor kita bisa taruh tanaman hias di dalam ruangan kantor, selain menambah keindahan dan kesegaran juga membuat pemandangan tidak monoton.
Penelitian
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada Chelsea Flower Show, mengungkapkan bahwa di tempat kerja, tanaman hias yang sederhana telah terbukti membantu konsentrasi, meningkatkan produktivitas dan meningkatkan kebahagiaan pegawai sebesar 47 persen, dan staf juga menjadi lebih kreatif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa membiarkan staf membuat keputusan desain dalam ruang kerja dengan tanaman kantor, dapat meningkatkan kreativitas 45 persen dan meningkatkan produktivitas sebesar 38 persen.
Penelitian, yang dirancang oleh kelompok penelitian Identity Realisation di Universitas Exeter, bekerjasama dengan Indoor Desain Garden, telah membandingkan output efektif masyarakat di berbagai jenis ruang usaha.
Seperti dilaporkan laman Daily Mail baru-baru ini, para peneliti percaya bahwa temuan mereka menunjukkan bahwa tanaman bukan elemen yang tidak perlu di lingkungan bisnis, dan menambah bobot penelitian lain, yang menunjukkan tanaman mampu meningkatkan kenyamanan psikologis dan kinerja bisnis.
Karenanya mari kita tingkatkan program dalam menghijaukan bumi kita untuk kehidupan kita yang lebih baik, lebih sehat dan menyenangkan. kalau kita memiliki kelebihan rejeki ada baiknya minimal 3 bulan sekali kita membeli tanaman untuk menghijaukan rumah kita, atau jika kita seorang pejabat kita bisa minta hijaukan ruang kerja atau lingkungan kantor kita, agar terlihat lebih fresh.
Dari penelitian diatas berarti dapat ditarik kesimpulan, bahwa ;
Jika kita menghijaukan rumah kita ( maksudnya bukan hanya di cat dengan cat tembok warna hijau lho? ) tetapi dengan perbanyak tanaman hijaunya maka akan meningkatkan kebahagiaan, kreatifitas dan produktifitas penghuninya yaitu ; kita sendiri, istri/suami dan anak-anak kita serta tetangga-tetangga kita/ lingkungan.
Jika kita menghijaukan kantor kita berarti akan meningkatkan kenyamanan psikologis, menigkatkan produktifitas dan kreatifitas karyawan kita.
Jika kita menghijaukan sekolah kita berarti akan meningkatkan kebahagiaan, meningkatkan kreatifitas dan kepandaian guru dan siswa sekolah tersebut
Atau bisa juga dengan cara lain yaitu ;
Kita sering mengajak keluarga kita refresing ke tempat-tempat yang fresh dan hijau misal ke pantai, puncak, kebun, gunung dll. sekalian tadabur alam dan melihat kebesaran dan keindahan ciptaan Allah Swt.
Untuk yang dikantor mungkin minimal 6 bulan sekali mengadakan outbond / family day dengan mengadakan lomba-lomba antar bagian / departement dan ada door pricenya dan kita adakan di tempat-tempat yang fresh seperti misalnya di pantai. agar kita beraktifitas, bergembira sambil menikmati alam.
Untuk yang di sekolah kita bisa mengadakan Lomba Penghijauan per Kelas ( seperti pengalaman saya dulu di SMPN 1 Balikpapan, diadakan lomba Kebersihan dan Penghijauan antar kelas dan kelas saya yang menang ( III G ) pada th. 1992 lalu, caranya setiap hari jum'at pagi selesai senam pagi, kami bersama semua murid bersih-bersih kelas dan pekarangan di depan kelas masing-masing. Hasilnya dalam 2 bulan perkarangan kelas kami sudah cantik dan hijau ( kenangan yang indah, hehe..)
Dengan demikian semoga lambat laun akan tercipta masyarakat Indonesia yang peduli lingkungan, penuh kreatifitas dan produktifitas, kebahagiaan dan keimanan kepada Allah Swt. dan juga semua demi kebaikan kita bersama dan anak cucu kita kelak.
Karena itu, yuuuk.. kita bersama-sama mulai dari sekarang memperhatikan lingkungan sekitar kita, sesuai dengan kemampuan kita, karena kalau bukan sekarang kapan lagi?? dan kalau bukan kita siapa lagi ??
Semoga Bermanfaat.. wallahu'alam bi showab..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar